Hosting Unlimited Indonesia

Recent Comment

Navigation

Pengertian HTML ( Hypertext Markup Language )

Assalmualaikum Warahmatullahi Wabarakatu
Bismillahirrahmanirrahiim

Sebelum kita memulai mengerjakan sesuatu ada baiknya kita berdoa terlebih dahulu agar apa yang kita kerjakan dapat berkah dari allah SWT, Amiin.

Hypertext Markup Language (HTML) adalah bahasa markup yang umum digunakan untuk membuat halaman web. Sebenarnya HTML bukanlah sebuah bahasa pemrograman. Apabila di tinjau dari namanya, HTML merupakan bahasa markup atau penandaan terhadap sebuah dokumen teks. Tanda tersebut di gunakan untuk menentukan format atau style dari teks yang di tandai.
HTML dibuat oleh Tim Berners-Lee ketika masih bekerja untuk CERN dan dipopulerkan pertama kali oleh browser Mosaic. Selama awal tahun 1990 HTML mengalami perkembangan yang sangat pesat. Setiap pengembangan HTML pasti akan menambahkan kemampuan dan fasilitas yang lebih baik dari versi sebelumnya.

Sebelum suatu HTML disahkan sebagai suatu dokumen HTML standar, ia harus disetujui dulu oleh W3C untuk dievaluasi secara ketat. Setiap terjadi perkembangan suatu versi HTML, maka mau tak mau browser pun harus memperbaiki diri agar bisa mendukung kode-kode HTML yang baru tersebut. Sebab jika tidak, browser tak akan bisa menampilkan HTML tersebut.

HTML versi 1.0
Kemampuan yang dimiliki versi 1.0 ini antara lain heading, paragraph, hypertext, list, serta cetak tebal dan miring pada teks. Versi ini juga mendukung peletakan image pada dokumennya tanpa memperbolehkan meletakkan teks disekelilingnya (wrapping).

HTML versi 2.0
Pada versi ini, penambahan kualitas HTML terletak pada kemampuannya untuk menampilkan suatu form pada dokumen. Dengan adanya form ini, maka kita dapat memasukkan nama, alamat, serta saran/kritik. HTML versi 2.0 ini merupakan pionir dari adanya homepage interaktif.

HTML versi 3.0
HTML versi 3.0 menambahkan beberapa fasilitas baru seperti table. Versi ini yang disebut juga sebagai HTML+ tidak bertahan lama dan segera digantikan HTML versi 3.2.

HTML versi 4.0 vs HTML versi 5.0
Pengertian HTML5 adalah, Secara umum, kita bisa kelompokkan perubahan yang dibawa HTML5 ke dalam 5 kategori:

* Struktur halaman,

* presentasi visual,

* tools grafis,

* support rich media, dan

* peningkatan support javascript.

Kanvas dapat terdiri dari wilayah yang didefinisikan dalam kode HTML seperti “ height width”. Kode JavaScript dapat mengakses daerah melalui set lengkap menggambar fungsi yang sama dengan umum lainnya 2D API, sehingga memungkinkan untuk grafis yang dihasilkan secara dinamis. Secara garis besar kanvas digunakan untuk rendering grafis bitmap dinamis
Perbedaan HTML 5 dengan HTML 4
Presentasi visual ditingkatkan dengan CSS3. CSS3 membawa perubahan pada pengelolaan font, animasi dan mobile untuk urusan grafis, HTML5 memungkinkan kita membuat gambar langsung dalam format SVG maupun CANVAS. HTML4 hanya gambar berbasis pixel seperti JPEG dan GIFF.Support untuk rich media ditunjukkan HTML5 dengan munculnya tag video dan audio yg bisa mensupport beragam format. tanpa perlu Flash terakhir peningkatan support javascript. Ada beberapa fitur menarik yg muncul pada HTML5 seperti localstorage dan geolocation.

Fungsi HTML

HTML telah mengubah dunia internet, kurang lebih berikut adalah fungsi utama :

* Membuat, mendesain, dan mengontrol tampilan dari Web Page (Halaman Web)

dan isinya.

* Mempublikasikan document secara online sehingga bisa diakses, dilihat dari

keseluruh dunia.

* Membuat online form yang bisa di gunakan untuk menangani pendaftaran,

transaksi secara online.

sampai disini dulu tutorial dari saya , Semoga tutorial ini bermanfaat bagi sobat, , atas segala kekuranganya mohon dimaafkan dan di beri saran untuk file pdfnya bisa didownload disini.
Share
Hosting Unlimited Indonesia

agus ribudi

Programmer, Web Developer, Android Developer and Blogger

Post A Comment:

0 comments:

Rekomendasi Untuk Anda × +