Hosting Unlimited Indonesia

Recent Comment

Navigation

Cara membuat controller di framework codeigniter

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu
Bismillahirrahmanirrahiim

Dalam dunia pemrograman untuk menghadapi masalah seputar coding dan algoritma adalah hal yang biasa, dalam menghadapi masalah tersebut kita pastinya membutuhkan referensi untuk mendapatkan solusi, dalam postingan blog saya ini semoga bisa membantu sobat dalam memecahkan masalah sobat atau menambah ilmu pengetahuan sobat tentang pemrograman php khususnya. oke langsung saja ...



Pada hari ini saya membahas bagaimana cara membuat controller di framework codeigniter.

Framework adalah kumpulan intruksi-intruksi yang di kumpulkan dalam class dan function-function dengan fungsi masing-masing untuk memudahkan developer dalam pemanggilannya tanpa harus menuliskan syntax program yang sama berulang-ulang. hal ini memiliki kegunaan untuk menghemat waktu dan mencegah penulisan syntax secara berulang-ulang agar tercipta nya source code yang bersih dan terstruktur.

Codeigniter adalah sebuah framework php yang bersifat open source dan menggunakan metode MVC (Model, View, Controller). codeigniter bersifat free alias tidak berbayar jika anda menggunakannya. framework codeigniter di buat dengan tujuan sama seperti framework lainnya yaitu untuk memudahkan developer atau programmer dalam membangun sebuah aplikasi berbasis web tanpa harus membuat nya dari awal.

Controller merupakan kumpulan intruksi aksi yang menghubungkan model dan view, jadi user tidak akan berhubungan dengan model secara langsung, intinya dari view kemudian controller yang mengolah intruksi.

Lagkah Pertama
Sobat harus mempunyai framework codeingiter yang sobat bisa download disini.

Langkah Kedua
Extract file hasil download di folder root server local sobat, kemudian sobat eksekusi akan tampil seprti gambar di bawah ini, yang artinya framework codeigniter siap digunakan.

Langkah Ketiga
Sobat menuju folder controller yang berada di folder codeigniter (nama folder saya di local) > apllication > controller, kemudian sobat buat file baru dengan nama, Home.php, perlu ingat bahwa penulisan nama controller harus diawali dengan huruf besar, jika tulis dengan huruf kecil bisa menyebabkan error kalau sudah diupload kehosting walaupun di server local berjalan dengan baik. selanjutnya sobat ketik kode dibawh ini

<?php if ( ! defined('BASEPATH')) exit('No direct script access allowed');

class Home extends CI_Controller {

 public function __construct()
 {
  parent::__construct();
 }

 public function index()
 {
  
 }

}

Penjelasan :
Home adalah nama class dari controller yang di extend dari CI_Controller, harus diawali dengan huruf capital
function::__construct adalah tempat dimana sobat bisa meload library, helper, fungsi, ataupun variabel yang bisa diaksess diseluruh conrtroller yang masih berada di Home controller.
function index adalah controller yang pertama kali diakasess ketika kita menjalankan Home controller.

sobat juga bisa menambahkan controller di Home controller sesuai dengan keinginan sobat. contohnya seperti dibawah ini

<?php if ( ! defined('BASEPATH')) exit('No direct script access allowed');

class Home extends CI_Controller {

 public function __construct()
 {
  parent::__construct();
 }

 public function index()
 {
  
 }

 public function about(){

 }

}

Langkah Keempat
kita akan menguji controller yang kita buat, ketik code dibawah ini

<?php if ( ! defined('BASEPATH')) exit('No direct script access allowed');

class Home extends CI_Controller {

 public function __construct()
 {
  parent::__construct();
 }

 public function index()
 {
  echo "Welcome To Codeigniter";
 }

 public function about(){
  echo"Hello I am Programmer";
 }

}

kemudian jalankan dengan mengetik http://localhost/codeigniter/index.php/Home, sesuai dengan nama aplikasi sobat, maka akan tampil hasilnya seperti gambar dibawah ini


kemudian jalankan fungsi controller kedua yaitu controller about yang masih berada di lingkungan Home controller, jalankan dengan mengetik http://localhost/codeigniter/index.php/Home/about, hasilnya akan terlihat seperti gambar dibawah ini.



Sampai disini dulu tutorial dari saya , Semoga tutorial ini bermanfaat bagi sobat, atas segala kekuranganya mohon dimaafkan dan di beri saran.
Share
Hosting Unlimited Indonesia

agus ribudi

Programmer, Web Developer, Android Developer and Blogger

Post A Comment:

0 comments:

Rekomendasi Untuk Anda × +