Hosting Unlimited Indonesia

Recent Comment

Navigation

Cara Membuat Design Form VB.Net 2010 Dan Mengatur Properties Component

Assalmualaikum Warahmatullahi Wabarakatu
Bismilahirrahmanirrahiim

Visual Studio 2010 (yang sering juga disebut dengan VB .Net 2010) selain disebut dengan bahasa pemrograman, juga sering disebut sebagai sarana (tool) untuk menghasilkan program-progam aplikasi berbasiskan windows, untuk dapat membuat program-program aplikasi menggunakan VB .Net 2010 sobat harus mengatahui hal dasar dibawah ini.


Desain Form
Salah satu kelebihan dari Visual Basic 2010 adalah anda dapat mendesain sebuah aplikasi dengan mudah, karena anda hanya perlu melakukan Drag and Drop setiap objek yang ada di dalam ToolBox. Didalam membuat design form ada hal yang harus diperhatikan yaitu, pewarnaan, nama component, letak component, dan ukuruan font component, jadi kreasikanlah tampilan design form vb.net sobat semanrik mungkin. Hal yang sangat penting dalam design form vb.net adalah penamaan component seperti textbox, label, button karena nantinya nama tersebut akan menjadi acuan di dalam penulisan kode program, dibawah ini adalah component penting atau yang sering digunakan.

Buatlah sebuah project baru di visual basic 2010 dengan nama terserah sobat, kemudian buatlah satu textbox yang berada pada toolbox sobat bisa drag atau double klik pada component toolbox textbox tersebut dan posisikan di tengah form, sehingga terlihat seperti gambar dibawah ini.


Pengaturan Form
Form digunakan untuk menerima inputan dari user dan memproses hasil inputan tersebut ke datasbase. From biasanya hanya berupa interface yang disediakan untuk mengumpulkan data dari user, dan akan diproses dengan bahasa pemograman seperti JavaScript atau PHP, vb.net dan disimpan di dalam database MySQL, Ms.access, oracle dll. Dalam VB.Net ada beberapa yang harus diperhatikan untuk mengatur properties form agar terlihat menarik dan lebih user friendly, pengaturan properties tersebut adalah name form untuk membuat nama form yang nanti berguna jika kita ingin memanggilnya di form lain, startposition untuk mengatur form memulai dari mana , bisa form muncul ditengah atau dibagian sebelah kiri, windowsstate untuk mengatur ukuran form ketika pertama kali dijalankan fullscreen, normal atau minimize, formborder style untuk mengatur border pada form ada fixed single, fixed3d dan lainnya, backcolor untuk mengatur warna background form, background image untuk membuat background image di form, backgroundimagelayout untuk mengatur ukuran background pada form, controlbox untuk memunculkan atau menghide bar close, minimize, maximize yang ada pada paling atas form, forecolor untuk mengatur warna font, font untuk mengatur jenis huruf dan ukuran huruf, enable untuk aktif dan tidak aktif form, visible untuk memunculkan atau menyembunyikan form.

Pengaturan Textbox
Texbox diatas memiliki banyak properties sobat bisa lihat semua properties di panel sebalah kanan pada layout properties visual studio 2010, setiap component memiliki beberapa perbedaan properties, properties yang harus disetting di textbox adalah name untuk mengganti nama textbox bisa diawali dengan txtnamatextbox, atau textnamatextbox atau sesuai dengan keinginan sobat asalkan sobat ingat saat akan digunakan dalam code program, multiline adalah untuk memperbesar ukuran textbox, jika textbox ingin diperbasar maka set multiline = true, textalign adalah untuk mengatur posisi text, enable untuk membuat component bisa digunakan atau dimatikan fungsinya set menajadi true untuk digunakan dan false untuk dimatikan, visible adalah fungsi untuk memunculkan form atau menghide form, set true untuk memunculkan dan false untuk, font untuk mengganti ukuran dan jenis font, forecolor untuk mengganti warna tulisan cekbox, scrollbar untuk membuat scroll secara vertical atau horizontal.

Pengaturan Label
Label pada VB.Net digunakan untuk membuat nama atau keterangan dari textbox yang dibuat, jika sobat ingin menggunakan label sebagai wadah hasil dari proses maka saya sarankan mengatur nama label seperti lblnamalabel.

Pengaturan Button
Button biasa digunakan untuk mensubmit sebuah form, atau mengeksekusi sebuah perintah, pengaturan propertis button sama halnya dengan textbox.

Perlu diingat bahwa semua pengaturan propertis pada component vb.net tidak jauh berbeda satu compnent dengan component lainnya hanya ada sedikit perbedaan berdasarkan fungsinya masing-masing.

Sebagai latihan buatlah bentuk form dengan component textbox, label dan button seperti gambar dibawah ini dan atur propertisnya sesuai dengan keinginan sobat.


sampai disini dulu tutorial dari saya untuk tutorial  selanjutnya akan hadir pada postingan berikutnya , Semoga tutorial ini bermanfaat bagi sobat, atas segala kekuranganya mohon dimaafkan dan di beri saran.
Share
Hosting Unlimited Indonesia

agus ribudi

Programmer, Web Developer, Android Developer and Blogger

Post A Comment:

0 comments:

Rekomendasi Untuk Anda × +